Pelaporan Box Office Hollywood Dihentikan Sementara Karena Wabah Corona

Pelaporan Box Office Hollywood Dihentikan Sementara Karena Wabah Corona

Selasa, Maret 24, 2020


Liputan21 - Pandemi virus corona Covid-19 bukan hanya memaksa orang untuk tetap di rumah dan menghindari kerumunan termasuk bioskop, melainkan juga menunda aktivitas box office Hollywood pekanan.

Perusahaan penghitung box office industri film Hollywood, Comscore melaporkan penutupan sebagian besar bioskop di negeri Paman Sam membuat pelaporan pendapatan industri itu dihentikan sementara waktu.

Keputusan itu datang setelah Disney mengumumkan akan menghentikan pelaporan box office secara global, mengingat sebagian besar bioskop di dunia telah tutup karena pandemi.

"Karena situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, Comscore akan sementara waktu menangguhkan Top 10 Prediksi Amerika Minggu yang biasanya, grafik global dan komentar," kata pernyataan Comscore, dikutip dari Variety.

"Kami akan memperbaharui status dari pelaporan studio pada Senin," lanjutnya.

Paul Dergarabedian, analis media senior di Comscore mengatakan kepada Variety bahwa masih ada sejumlah pendapatan pada pekan ini, hal itu berasal dari bioskop kendara atau drive-in yang tetap buka.

"Fakta bahwa drive-in mengalami peningkatan popularitas adalah bukti dari daya tarik yang tak terbantahkan dan sifat esensial dari pengalaman menonton film bersama yang hanya dapat dilakukan oleh layar lebar," kata Dergarabedian.

"Orang-orang benar-benar terdorong untuk menemukan cara untuk menangkap pengalaman unik itu sampai mereka dapat kembali ke bioskop lokal favorit mereka," lanjutnya.

Analisa yang disampaikan Dergarabedian juga terjadi di Korea Selatan. Bioskop kendara di Seoul mengalami lonjakan penonton kala wabah Covid-19 terjadi. Bioskop ini jadi pilihan karena masih menyediakan pengalaman sinematik namun tetap "aman" karena tak berkerumun secara fisik.

"Kami mengalami peningkatan penjualan tiket 10-20 persen di hari kerja, dan terjual habis saat akhir pekan," kata Park Dong-ju, pemilik sebuah bioskop kendara di Seoul. "Kami jelas mendapatkan banyak telepon dan pemesanan melalui internet setelah virus corona mewabah,"

Penghentian pelaporan box office Hollywood pekanan ini juga berdampak pada ketiadaan konten serupa di CNNIndonesia.com yang biasa terbit setiap Senin.

Sebelum dihentikan, pada pelaporan box office Hollywood pekan lalu, gambaran penurunan pendapatan sudah mulai terlihat mengingat sejumlah peringatan sudah dirilis terkait wabah virus corona Covid-19.