Contagion, Film Yang Memprediksi Akan Terjadinya Wabah Virus Corona (COVID-19)

Contagion, Film Yang Memprediksi Akan Terjadinya Wabah Virus Corona (COVID-19)

Jumat, Maret 20, 2020


Liputan21 - Baru-baru ini dunia digemparkan dengan penemuan Wabah Virus Corona (COVID-19) yang membuat seluruh umat manusia panik dan merasa ketakutan.

Namum dibalik itu semua ada sebuah film yang disutradai oleh Steven Soderbergh yang memprediksi atau meramalkan bahwa akan terjadinya wabah virus corona saat ini.

Film ini memiliki sinopsis dan alur cerita yang nyaris mirip dengan apa yang sedang terjadi didunia saat ini.

Sinopsis Contagion 

Contagion adalah sebuah film thriller bencana Amerika tahun 2011 yang disutradarai oleh Steven Soderbergh. Film ini dibintagi oleh Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle. Alur cerita Contagion yakni mendokumentasikan penyebaran sebuah virus berbahaya dan upaya dari para peneliti medis dan petugas kesehatan untuk mengidentifikasi penyakit tersebut, serta pada akhirnya pengenalan vaksin untuk menghentikan penyebarannya.

Soderbergh dan penulis skenario Scott Z. Burns telah berkolaborasi pada film The Informant! (2009). Setelah film tersebut rilis, Burns berusaha mewujudkan idenya untuk memproduksi film thriller medis yang menggambarkan penyebaran cepat sebuah virus, di mana hal itu terinspirasi dari berbagai pandemik yang terjadi seperti epidemi SARS pada tahun 2003 dan pandemi flu tahun 2009. Untuk menyusun persepsi yang akurat dari peristiwa pandemi, Burns berkonsultasi dengan perwakilan dari Organisasi Kesehatan Dunia serta dari beberapa ahli medis seperti W. Ian Lipkin dan Lawrence "Larry" Brilliant. Proses syuting film ini dimulai di Hong Kong pada bulan September 2010, dan dilanjutkan di Chicago, Atlanta, London, Jenewa, dan San Francisco sampai Februari 2011.

Contagion ditayangkan perdana di Festival Film Venesia ke-68 di Venice, Italia pada tanggal 3 September 2011, dan dilanjutkan dengan rilis secara umum pada 9 September. Film ini diterima dengan baik oleh para kritikus, yang memuji narasi dan penampilan dari para aktor dan aktris. Film ini juga diterima dengan baik oleh para ilmuwan, yang memuji akurasinya. Secara komersial, film ini sukses, dengan anggaran sebesar $ 60 juta, Contagion mampu meraup pendapatan $ 135 juta.

Nonton Contagion

Kalian dapat menonton film ini secara gratis dengan kualitas Blu-ray di website berikut ini :

4. s.id/corona-film



Pembuat FILM Contagion Dicecar

Makin mirip virus Corona, lantaran MEV-1 diceritakan kali pertama menjangkiti Beth (diperankan Gwyneth Paltrow), usai melakukan perjalanan bisnis ke Tiongkok. Walhasil, penulis skenario Contagion, Scott Z. Burns dicecar media.

Dalam sesi wawancara dengan Vulture yang dipublikasikan pada 14 Maret 2020 silam, Scott Z. Burns, akhirnya menyampaikan klarifikasi terkait dugaan meramal wabah virus Corona.

“Secara umum memberi tahu mereka (yang selama ini bertanya) bahwa saya bukanlah dokter atau pakar kesehatan masyarakat. Saya mengenal Dr. Ian Lipkin dari Universitas Columbia dan Dr. Larry Brilliant, seorang epidemiologis dari Bay Area saat menggagas Contagion,” Scott Z. Bruns menjelaskan.

Mendengar diskusi dan penyataan para ahli terkait kesehatan masyarakat adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan sekarang. “Dan melakukan sejumlah hal mendasar seperti menjauhi keramaian, cuci tangan lebih sering, dan diam di rumah (jika Anda sakit),” penulis naskah The Bourne Ultimatum.

Dalam kesempatan itu ia mengklarifikasi, virus yang diceritakan dalam Contagion bukanlah virus Corona. Contagion bukanlah ramalan akan terjadinya wabah virus Corona yang kini jadi masalah kesehatan global.

“Virus kami di Contagion bukanlah virus Corona. Virus MEV-1 dirancang berdasarkan dua virus yang sudah eksis sebelumnya,” ungkap penulis naskah kelahiran tahun 1962 ini.

“Pertama, virus Nipah yang memengaruhi babi. Yang lainnya, virus Hendra pada kuda. Hal lain yang tak kalah pengting, virus ini dapat menyebar lintas-keluarga. Para ilmuwan di film ini menyebut persebarannya terjadi di pasar (hewan). Dari tubuh hewan lalu menular ke manusia,” Scott Z. Burns mengulas.

Sebagian penonton berspekulasi bahwa virus Corona adalah “wajah baru” dari virus MEV-1 yang mematikan satu persen penduduk dunia dalam film Contagion karya Steven Sodenbergh.

Contagion yang dirilis pada 2011 ini dibintangi Kate Winslet, Gwyneth Paltrow, dan Marion Cotillard. Film berdurasi 1 jam dan 46 menit ini disebut sebagai film terpenting tahun 2020.