Jumlah Kasus Corona Menurun di China, Ratusan Bioskop Kembali di Buka

Jumlah Kasus Corona Menurun di China, Ratusan Bioskop Kembali di Buka

Selasa, Maret 24, 2020


Liputan21 - Lebih dari 500 bioskop kembali beroperasi di China setelah tingkat penyebaran virus corona rendah dalam beberapa hari terakhir. Berdasarkan data publikasi keuangan Caixin, sekitar 507 bioskop kembali dibuka pada Senin (23/3). Angka itu sedikit bertambah setelah 486 bioskop beroperasi sejak Jumat (20/3).

Berdasarkan data aplikasi penjualan tiket Maoyan, bioskop yang telah kembali beroperasi terletak di lima provinsi yakni Xinjiang, Shangdong (perbatasan antara Beijing dan Shanghai), Sichuan, serta dua provinsi yang berbatasan dengan Hong Kong, Fujian dan Guangdong.

Data yang sama menunjukkan penjualan tiket pada Jumat (20/3) kurang dari US$3 ribu atau sekitar Rp50 juta (US$1= Rp16,7 ribu). Sementara itu, tiket di bioskop-bioskop di Fujian dan Guangdong tak terjual sama sekali.

Bioskop di China dalam beberapa hari terakhir hanya menayangkan film-film yang telah tayang sebelumnya serta film-film lokal terlaris, salah satunya Sheep Without a Shepherd yang berhasil memimpin box office lokal pada Senin (23/3).

Diberitakan Variety, distributor milik pemerintah China Film Group dan distributor resmi film-film Hollywood sudah merilis judul-judul film yang akan tayang dan penghasilan sepenuhnya menjadi milik bioskop, seperti Green Book dan A Dog's Purpose.

Warner Bros. juga telah mengungkapkan bakal merilis kembali Harry Potter and the Sorcerer's Stone dalam bentuk 3D 4K untuk menghidupkan kembali bioskop di China. Namun, rumah produksi tersebut belum merinci waktu penayangan.

Waktu pembukaan kembali bioskop secara massal di China masih belum pasti. Hal tersebut bergantung pada keputusan pemerintah setempat. Namun, langkah yang telah diambil 507 bioskop pada hari ini dinilai membuktikan sistem ekonomi di China perlahan kembali berjalan.

Kondisi China makin membaik. Pada Senin (23/3), China melaporkan tak ada kasus baru dengan penyebaran lokal. Sebanyak 39 kasus baru yang terjadi karena datang dari luar negeri. Hal serupa juga terjadi di Wuhan yang menjadi episentrum virus corona. Tak ada kasus baru di Wuhan dalam lima hari terakhir.